BERITA UNIK

Manfaat Cincau Hijau untuk Kesehatan

Manfaat Cincau Hijau untuk Kesehatan . Kamu pasti tahu cincau kan? Ya, daun-daunan yang satu ini biasa diracik menjadi minuman yang berbentuk gel seperti agar-agar dan dicampur dengan bahan lainnya, sehingga menjadi minuman segar seperti es campur atau es cincau. Cincau sendiri terdiri dari berbagai spesies, namun yang umum di Indonesia ialah cincau hijau dan cincau hitam. Agen Capsa

Meminum es cincau sudah menjadi rahasia umum, yaitu dapat melegakan tenggorokan dan di mulut terasa segar.

Berikut Manfaat Cincau Hijau untuk Kesehatan

Manfaat Cincau Hijau untuk Kesehatan

1. Cincau hijau berkhasiat mencegah penyakit kanker

Dalam daun cincau hijau terdapat antioksidan yang bersifat alami, antioksidan pun sangat dibutuhkan oleh tubuh guna menangkal serangan radikal bebas yang menyerang sel-sel tubuh, seperti halnya penyakit kanker yang notabene penyakit mematikan di dunia ini disebabkan oleh virus yang menyerang tubuh tak terkendali.

2. Cincau hijau bermanfaat melancarkan peredaran darah

Selain mengandung antioksidan alami, menurut penelitian cincau hijau mengandung senyawa klorofil, guys. Klorofil sendiri dibutuhkan oleh tubuh ialah sebagai antibiotik alami untuk menangkal virus dan polutan di dalam tubuh, seperti misalnya yang mengganggu peredaran darah dan aliran darah.

3. Meredakan demam

Selain bikin mulut dan tenggorokan kamu segar, ternyata cincau hijau bermanfaat untuk meredakan demam, lho. Hal ini berkat kandungan saponin pada daun cincau hijau. Saponin merupakan zat yang berkhasiat untuk meredakan demam. Caranya menggunakannya, kamu bisa buat rebusan daun cincau sebanyak 3 lembar, lalu diminum sehari 2 kali

4. Cincau hijau bermanfaat mengobati diabetes mellitus

Diabetes atau glukosa darah tinggi tergolong menjadi penyakit berat. Ternyata daun cincau berkhasiat untuk mengobati diabetes mellitus, hal itu karena daun cincau mengandung bisbenzilsokuinolin klorofil yang mempunyai peran menstabilkan kadar gula darah yang tinggi. Jadi, gak ada salahnya ya kamu minum cincau secara rutin.

5. Bermanfaat juga untuk mengatasi darah tinggi

Ketika mengalami darah tinggi (hipertensi) pasti banyak makanan yang dilarang, ini gak boleh itu gak boleh. Tapi kalau cincau tentu boleh, ya. Karena cincau hijau mengandung senyawa S-S tetandrin.

Senyawa ini berkhasiat untuk melebarkan pembuluh darah sehingga darah dapat mengalir secara lancar dan normal kembali. Pemakaiannya daun cincaunya bisa kamu minum 3 kali dalam seminggu. Poker Online

6. Cincau hijau untuk mengatasi permasalah pada lambung

Permasalahan pada lambung merupakan rasa sakit yang terjadi pada lapisan dalam perut. Cincau hijau bermanfaat mengatasi masalah pada lambung, antioksidan dan vitamin C pada cincau hijau membantu senyawa klorofil dalam mengatasi permasalahan pada lambung.

7. Cincau hijau pun berkhasiat mengobati penyakit tipus

Tipus (demam tifoid) disebabkan oleh virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Antioksidan, fosfor dan tokoferol pada cincau hijau ternyata berkhasiat untuk mengobati penyakit satu ini. Karena kandungan tersebut membantu meningkatkan imunitas tubuh kembali.

8. Mengatasi masalah peradangan tulang

Permasalahan pada tulang disebabkan berbagai hal, misalkan karena pola hidup kurang sehat, kecelakaan dan bertambahnya usia. Ternyata cincau hijau bermanfaat mengatasi permasalahan pada tulang seperti osteoporosis, osteoarthritis, rematik dll.

Hal ini berkat fosfor, kalsium dan magnesium pada cincau hijau cukup  tinggi dan berkhasiat untuk meregenerasi sel-sel pada tulang yang terasa sakit.

9. Selain itu, cincau hijau pun berkhasiat mengatasi permasalahan pada otot

Permasalahan yang satu ini pasti siapapun pernah mengalami, penyebabnya pun beragam. Mengatasinya kamu bisa membuat ramuan cincau hijau, daun cincau diseduh lalu diminum atau dibikin obat luar yaitu daun cincau ditumbuk dan disimpan pada area yang terasa sakit 10-20 menit. Cincau hijau berkhasiat mengatasi masalah pada otot ini berkat kandungan senyawa dimetil kurin-1 dimetoidida.

10. Mengatasi masalah pencernaan

Diare akan membuat aktivitas kamu terganggu, karena harus bolak balik kamar mandi secara intens dan selain itu perut terasa gak nyaman. Vitamin B, vitamin C dan alkaloid pada cincau hijau ternyata berkhasiat mengobati diare, guys.

11. Mengobati malaria

Malaria merupakan penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Cincau hijau pun ternyata bermanfaat mengobati penyakit malaria, lho. Karena ekstrak tumbuhan cincau hijau mengandung zat anti-protozoa dan tetrandine, yaitu suatu zat yang bisa mengatasi malaria, khususnya malaria  plasmodium falciparum.

Wah, ternyata dari minuman sesederhana daun cincau yang berharga murah saja memiliki banyak manfaat ya untuk kesehatan. Tapi sebelum terjangkit berbagai penyakit dalam tubuh kamu, gak ada salahnya dong secara rutin mengonsumsi minuman ini, guna mendapatkan asupan nutrisi yang baik bagi tubuh. PelangiQQ

DI BACA JUGA : SEGUDANG MANFAAT SANTAN KELAPA BAGI KESEHATAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *