Uncategorized

Manfaat Dari Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan

Manfaat Dari Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan

PELANGIQQ Manfaat Dari Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan. Di Indonesia, buah belimbing wuluh sangat populer digunakan sebagai bahan tambahan pada kuliner tertentu untuk menambah rasa asam secara alami. Nah, di balik rasa asam tersebut, ternyata tersimpat berbagai khasiat belimbing wuluh untuk kesehatan tubuh Anda.

Khasiat belimbing wuluh untuk kesehatan

Rasa asam pada belimbing wuluh dihasilkan oleh adanya kandungan asam oxalic yang tinggi sehingga buah ini nyaris tidak mungkin dimakan mentah-mentah. Namun, belimbing wuluh banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Berikut beberapa khasiat belimbing wuluh yang dapat Anda rasakan:

Mengobati jerawat

Jika Anda memiliki jerawat membandel yang sulit hilang, tidak ada salahnya mencoba khasiat belimbing wuluh yang satu ini. Pasalnya, belimbing wuluh memiliki senyawa aktif, seperti flavonoid, tannin, saponin dan triterpenoid. Kandungan tersebut terbukti dapat menghambat aktivitas biologis bakteri penyebab jerawat, yakni Acne vulgaris.

Bersifat antimikroba

Sangat banyak mikroba yang dapat dibasmi oleh ekstrak belimbing wuluh. Sebuah penelitian mengungkap sedikitnya enam patogen tidak akan tahan dengan kandungan yang terdapat dalam buah berkulit hijau ini, yakni dua bakteria Gram-positif (Bacillus cereus dan Bacillus megaterium), dua bakteri Gram-negatif (Escherichia coli dan Pseudomonas aeruginosa), serta dua jenis jamur (Aspergillus ochraceous dan Cryptococcus neoformans).

Selain itu, buah belimbing wuluh juga dapat mengurangi kandungan mikroba L. monocytogenes Scott A dan S. typhimurium pada udang mentah yang telah dicuci dan disimpan dalam suhu 4 derajat celcius. Dengan kata lain, belimbing wuluh dapat dijadikan sebagai bahan alami pencuci udang sehingga aman untuk dikonsumsi.

Menetralisir penyakit yang berhubungan dengan radikal bebas

Khasiat belimbing wuluh ini datang dari kandungan antioksidan tingkat sedang yang terdapat di dalamnya. Zat antioksidan ini dapat menangkal radikal bebas yang merupakan salah satu faktor penyebab munculnya berbagai penyakit, seperti kanker, diabetes mellitus, hingga penyakit-penyakit neurodegeneratif.

Mengobati luka

Dalam sebuah penelitian terungkap bahwa belimbing wuluh dapat mengobati luka pada mulut, termasuk sakit gigi dan gusi. Jika memakan buah belimbing wuluh terlaku ekstrem untuk Anda, Anda dapat mengoleskan ekstrak daun belimbing wuluh pada area yang terluka.

Kandungan dalam tanaman belimbing wuluh terbukti dapat meningkatkan jumlah fibroblast alias benang-benang yang berfungsi menutup luka tersebut.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Banyak obat tradisional yang dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi, salah satunya adalah belimbing wuluh. Klaim ini sudah pernah dibuktikan dalam sebuah penelitian dan hasilnya belimbing wuluh memang dapat menurunkan tekanan darah dengan cukup signifikan.

Demikian artikel yang kami rangkum tentang Manfaat Dari Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan. PELANGIQQLOUNGE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *