Manfaat Dari Vanili Untuk Kesehatan
BERITA UNIK

Manfaat Dari Vanili Untuk Kesehatan

Pelangi QQ : Manfaat Dari Vanili Untuk Kesehatan

Selama ini, Anda mungkin lebih mengenal vanili atau vanilla sebagai bahan perasa makanan atau minuman, bahkan parfum. Rasanya yang khas membuat banyak orang suka dengan vanili yang merupakan olahan dari tanaman dengan nama yang sama. Nah, tahukah Anda jika selain menjadi bahan perasa, vanili juga bermanfaat bagi kesehatan? Lantas, apa saja manfaat vanili bagi kesehatan tersebut?

Mencegah dan Mengatasi Jerawat

Salah satu masalah kulit yang sering dialami banyak orang adalah jerawat. Munculnya jerawat bisa karena pelbagai faktor, yaitu:

  • Produksi sebum yang berlebih
  • Infeksi bakteri Propionibacterium acnes
  • Penyumbatan folikel rambut
  • Produksi hormon androgen yang berlebih

Salah satu cara alami mencegah timbulnya jerawat adalah dengan mengonsumsi vanili. Hal ini khususnya untuk jerawat yang disebabkan oleh infeksi bakteri Propionibacterium acnes. Manfaat vanili yang satu ini dikarenakan baik buah, daun, maupun batangnya memiliki kandungan zat yang bersifat antibakteri.

Tak hanya mencegah, vanili juga dinilai efektif dalam mengatasi jerawat pada wajah yang sudah terlanjur muncul. Kendati belum ada studi yang secara khusus meneliti tentang seberapa efektif manfaat tanaman vanili ini, namun tak ada salahnya untuk Anda menggunakan cara ini demi membasmi jerawat.

Merawat Kesehatan Kulit

Selain wajah, manfaat vanili lainnya juga untuk merawat kesehatan kulit secara keseluruhan. Mengonsumsi atau menjadikan vanili sebagai krim alami kulit dipercaya ampuh membuat kulit senantiasa sehat dan terhindar dari masalah kulit seperti penuaan dini, kulit kering, dan sebagainya.

Manfaat tanaman vanili untuk kulit ini dihasilkan oleh zat-zat di dalamnya yang diklaim bersifat antioksidan, pun antiinflamasi. Zat-zat tersebut mencegah sel-sel kulit mengalami kerusakan dan peradangan yang bisa merusak kulit Anda. Agen Capsa

Merawat Kesehatan Rambut

Banyak produsen shampoo maupun produk perawatan rambut lainnya yang memasukkan ekstrak vanili ke dalam komposisi produk yang mereka buat. Faktanya, vanili di sini bukan hanya sekedar pengharum belaka.

Manfaat Dari Vanili Untuk Kesehatan

Lebih dari itu, penggunaan vanili pada produk perawatan rambut dikarenakan tanaman ini memang memiliki manfaat untuk merawat kesehatan dan kekuatan rambut. Vanili diklaim efektif mencegah kerontokan rambut, pun memperlancar aliran darah menuju kulit kepala sehingga pertumbuhan rambut berjalan optimal.

Menurunkan Berat Badan

Anda mungkin bertanya-tanya, di mana korelasi antara vanili dengan manfaat menurunkan berat badan?

Tak dinyana, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa manfaat vanili dalam membantu menurunkan berat badan ini dihasilkan oleh aroma khas dari vanili itu sendiri. Ya, dikatakan jika menghirup aroma vanili dapat memberikan efek kenyang, yang mana hal ini bisa membantu Anda untuk mengurangi porsi dan frekuensi makan. Hal ini tentu saja penting untuk mencegah kegagalan dari program penurunan berat badan yang sedang dijalani. PelangiQQ

Mengatasi Mual saat Hamil

Bagi Anda para ibu hamil, gejala mual tentunya sudah akrab, bukan? Nah, salah satu cara mengatasi mual yang mengganggu tersebut adalah dengan mengambil manfaat tanaman vanili untuk ibu hamil.

Sama seperti poin sebelumnya, manfaat vanili ini bisa didapat dengan cara menghirup aroma khas vanili. Lakukan cara ini setiap kali gejala mual datang dan buktikan khasiatnya.

Mengatasi Depresi

Berbicara mengenai manfaat tanaman vanili yang didapat dari aromanya seakan tiada habisnya. Kali ini, vanili dianggap mampu mengatasi gejala depresi.

Manfaat Dari Vanili Untuk Kesehatan

Sifat antidepresan pada vanili lagi-lagi dihasilkan oleh zat vanillin yang dikandungnya, yang mana hal ini sudah dibuktikan melalui penelitian yang dirilis oleh Indian Journal of Pharmacology. Para peneliti yang terlibat mengatakan bahwa vanillin memiliki efek yang sama dengan fluoxetine, yakni jenis obat yang lazim digunakan untuk mengatasi depresi dan masalah obsesif kompulsif.

Namun demikian, objek penelitian yang masih berupa hewan tikus mengharuskan adanya studi lebih lanjut—tentunya dengan objek manusia—guna memperkuat bukti manfaat vanili yang satu ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *