Manfaat Nangka Bagi Kesehatan Tubuh
BERITA UNIK

Manfaat Nangka Bagi Kesehatan Tubuh

Pelangi QQ : Manfaat Nangka Bagi Kesehatan Tubuh

Nangka, buah yang biasanya kita temukan dalam masakan atau bisa juga dimakan langsung ketika sudah matang benar, ternyata memiliki manfaat tidak hanya sebagai bahan makanan tapi juga berguna bagi kesehatan kita. Peneliti barat bahkan sudah menemukan beberapa manfaat dari buah nangka dan masih menyelidiki lebih lanjut lagi untuk menguak lebih dalam.

Nangka yang memiliki nama ilmiah Artocarpus heterophyllus, merupakan nama dari sejenis pohon dan juga buahnya yang dalam bahasa Inggris disebut “jackfruit”. Buah ini diyakini berasal dari India, yakni wilayah Ghats bagian barat, di mana jenis-jenis liarnya masih didapati tumbuh tersebar di hutan hujan di sana. Tanaman ini kini banyak ditemukan di daerah Asia seperti Thailand, Malaysia, Indonesia, India, Bangladesh, Nepal, Sri Lanka, dan Amerika Latin seperti Brazil.

Bagian dari jackfruit yang paling banyak dimanfaatkan adalah buahnya. Buah ini sering disebut sebagai buah terbesar di dunia dengan berat rata-rata mulai dari 3,5 kg hingga 10 kg bahkan ada yang mencapai 25 kg. Buah nangka merupakan buah majemuk atau syncarp dengan bentuk berupa gelendong yang memanjang. Panjang buahnya dapat mencapai hingga 100 cm dengan sisi luar berduri pendek dan lunak.

Menyembuhkan Kanker

Kaya akan phytonutrient, antioksidan, dan vitamin C membuat jackfruit menjadi salah satu buah yang dapat mengobati kanker seperti kanker paru-paru, kanker payudara, kanker lambung, kanker kulit, dan kanker prostat. Kandungan pada jackfruit dapat memperbaiki sel yang rusak dan meningkatkan ketahanan tubuh.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Jackfruit yang rendah kalori dan bebas lemak membuatnya aman untuk dikonsumsi tanpa harus takut untuk obesitas.

Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan potasium yang tinggi dalam jackfruit dapat menurunkan dan mengontrol tekanan darah yang tentunya dapat mengurangi resiko serangan jantung, stroke, dan kelainan cardio lainnya.

Manfaat Nangka Bagi Kesehatan Tubuh

Memperbaiki Sistem Pencernaan

Memakan buah ini secara teratur dapat memperbaiki sistem pencernaan karena buah ini mengandung serat yang sangat tinggi sehingga aman untuk dikonsumsi banyak-banyak, memperbaiki gerakan usus, dan melindungi usus besar. Agen Capsa

5Menyembuhkan Insomnia

Kaya akan magnesium dan besi yang dapat membantu untuk meningkatkan kualitas tidur. Jackfruit juga mencegah anemia yang merupakan salah satu penyebab insomnia.

Aman Untuk Penderita Diabetes

Meskipun sangat manis, nangka aman bagi penderita diabetes karena buah ini lambat menyerap gula ke dalam aliran darah.

Memelihara Kesehatan Mata dan Kulit

Kaya akan vitamin A, itulah sebabnya nangka baik bagi kesehatan mata. Jackfruit juga mengandung anti-aging yang dapat mencegah kerusakan kulit akibat terpapar matahari dan dapat mengurangi kerutan atau keriput.

Mengobati Maag

Buah ini ternyata bisa mengobati maag. Apabila obat-obatan kimia dapat menimbulkan efek samping, nangka bebas dari hal tersebut karena secara alami jackfruit mengandung anti-maag, antiseptik, anti-radang, dan antioksidan. PelangiQQ

Manfaat Nangka Bagi Kesehatan Tubuh

Baik Untuk Tulang

Karena mengandung kalsium maka buah ini baik untuk kesehatan tulang. Selain itu, jackfruit juga mengandung vitamin C dan magnesium yang dapat membantu melancarkan penyerapan kalsium untuk tulang dan tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *