BERITA UNIK

Manfaat Terong untuk Kesehatan

PelangiQQ – Manfaat terong untuk kesehatan, Masyarakat Indonesia tentunya sudah sangat akrab dengan terong. Buah yang diolah sebagai sayuran satu ini memiliki jenis yang beragam dan rasa yang lezat. Terong yang dapat diolah menjadi berbagai macam makanan ini ternyata memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan.

Melihat kandungan berbagai macam nutrisi dalam terong, tentunya dapat disimpulkan bahwa terong termasuk ke dalam makanan bergizi yang baik untuk kesehatan. Apa saja manfaat terong untuk kesehatan?

Berikut adalah beberapa manfaat terong untuk kesehatan :

1. Mengontol kadar gula darah

Manfaat terong yang pertama adalah dapat mencegah kadar gula darah Anda naik. Makanan yang tinggi serat merupakan makanan yang baik untuk menjaga kadar gula darah. Makanan tinggi serat seperti terong akan membantu proses pencernaan menjadi lebih lambat sehingga penyerapan gula juga melambat.

Selain itu, terong juga memiliki kandungan polifenol yang merupakan antioksidan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa polifenol dapat membantu mengurangi penyerapan gula dan meningkatkan seksresi insulin, dengan begitu, kadar gula darah pun dapat tetap terkendali.

2. Mengontrol kolesterol

Manfaat terong yang kedua adalah menurunkan kadar kolesterol. Umumnya makanan yang mampu untuk menurunkan kadar gula darah juga memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol. Kondisi kadar gula darah tinggi dapat menyebabkan kadar kolesterol jahat serta trigliserida meningkat. Poker Online

Hal ini disebabkan oleh karena insulin tidak hanya berpengaruh pada metabolisme gula dalam tubuh, tetapi juga berpengaruh pada metabolisme lemak. Kemampuan terong untuk mengontrol kadar gula darah membuat buah ini juga baik untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

Beberapa manfaat terong untuk kesehatan

3. Menjaga kesehatan jantung

Manfat terong yang ketiga adalah menjaga kesehatan jantung. Manfaat yang satu ini juga masih berhubungan dengan manfaat sebelumnya. Kadar kolesterol LDl dan trigliserida tinggi dalam darah dapat membentuk plak yang dapat menyumbat pembuluh darah. Hal ini lah yang membuat kadar kolesterol tinggi disebut sebagai salah satu pemicu penyakit jantung.

Kandungan antioksidan dalam terong juga memiliki peran dalam memelihara kesehatan jantung. Sebuah peneliatian pada hewan menunjukkan bahwa terong dapat meningkatkan fungsi jantung dan menurunkan risiko seragan jantung.

4. Mencegah kanker

Mencegah kanker juga sering disebut-sebut sebagai salah satu manfaat terong ungu, terong memiliki kandungan zat bernama solasodine rhamnosyl glycoside yang telah diteliti dapat memicu kematian pada sel kanker dan dapat mencegah kanker tertentu kambuh. SRG juga diketahui dapat melawan kanker kulit jika diaplikasikan secara topikal.

Konsumsi makanan bergizi seperti buah dan sayur yang tinggi antioksidan juga dapat melawan radikal bebas yang merupakan penyebab dari kerusakan sel. Maka dari itu, konsumsi terong dan buah serta sayuran lainnya dapat menurunkan risiko terserang kanker. Agen Capsa

5. Nutrisi untuk otak

Manfaat terong selanjutnya adalah sebagai sumber nutrisi yang melindungi otak. Sudah disebutkan sebelumnya bahwa terong memiliki kandungan polifenol, salah satunya adalah antosianin yang ada dalam kulit terong. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa antosianin atau nasunin yang ditemukan dalam terong tidak hanya dapat menagkal radikal bebas, tetapi juga dapat melindungi lipid pada membran sel otak.

Antosianin juga dapat melancarkan peredaran darah ke otak sehingga fungsi otak tetap terjaga. Konsumsi makanan tinggi antioksidan seperti terong dapat memperlambat penurunan kemampuan kognitif otak yang umumnya akan terjadi seiring dengan bertambahnya usia seseorang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *