Mengenal Daun Kratom dan Efek yang Bisa Ditimbulkannya pada Tubuh
DOMINOQQ

Mengenal Daun Kratom dan Efek yang Bisa Ditimbulkannya pada Tubuh

PelangiQQLounge -Mengenal Daun Kratom atau Mitragyna speciosa merupakan tanaman yang bisa mudah ditemui di Asia Tenggara. Daun dari tanaman ini memiliki kandungan psikoaktif yang bisa didapat dari melumat dan mengisapnya seperti rokok, diseduh seperti rokok, serta dibentuk seperti kapsul.

Tanaman ini sendiri tergolong sebagai salah satu tanaman yang kini ilegal karena kandungannya. Baru-baru ini, bahkan Polisi menyita 12 ton daun kratom yang bakal diekspor ke luar negeri.

Dilansir dari Live Science, Drug Enforcement Administration (DEA) Amerika Serikat juga telah melarang persebaran daun ini walau penggunanya mengaku bahwa konsumsi daun ini bermanfaat. Mereka mengaku bahwa konsumsi kratom ini membantu mereka terhindar dari opium untuk mengatasi rasa sakit.

Walau begitu, Badan Narkotika Nasional (BNN) mencatat efek tanaman kratom lebih berbahaya dari ganja bahkan kokain. Deputi Bidang Rehabilitasi BNN Yunis Farida Oktoris Triana mengatakan, efek kratom bisa 10 kali lebih bahaya dari ganja.

“Memang bahaya dari pada kokain dan lebih bahaya 10 kali lipat dari ganja. Kebetulan kami mengikuti diskusi dengan Kementerian Kesehatan terkait tanaman kratom. Kratom memang membahayakan bila mana disalahgunakan,” kata Farida.

Berikut Mengenal Daun Kratom dan Efek yang Bisa Ditimbulkannya pada Tubuh

Efek Kesehatan Kratom

Mengenal Daun Kratom dan Efek yang Bisa Ditimbulkannya pada Tubuh

Salah satu alasan seseorang mengonsumsi kratom adalah sebagai pereda rasa sakit. Marc Swogger, profesor psikiatri dari University of Rochester Medical Center, New York, mengungkap bahwa kratom memiliki efek yang baik sebagai analgesik dan penghilang rasa sakit. Agen Capsa

Swogger mengungkap bahnyak orang yang mengonsumsi kratom untuk membantu berhenti konsumsi obat-obatan jenis lain terutama candu. Berdasar penelitian yang dilakukannya dikatakan bahwa dari banyak orang yang mengonsumsi daun ini, banyak yang berhasil berhenti dari menggunakan candu.

Selain karena kecanduan, Swogger mengungkap bahwa bahwa orang menggunakan kratom untuk mengatasi post-traumatic stress disorder (PTSD). Masalah lain yang bisa diatasi adalah kecemasan sosial.

Apa yang Dilakukan Kratom pada Tubuh?

Mengenal Daun Kratom dan Efek yang Bisa Ditimbulkannya pada Tubuh

“Walau bukan merupakan candu, namun daun ini mengikat reseptor candu,” terang Swogger.

Berbeda dengan candu yang memiliki efek penenang, kratom bisa menstimulasi efek pada dosis rendah. Di sisi lain efek efek menenangkan yang dimilikinya dalam dosis tinggi. Pada pengguna daun ini, disebut bahwa tanaman ini menenangkan rasa sakit namun tak membuat mereka menjadi mabuk.

Risiko dari Konsumsi Kratom

Efek samping yang umum dari kratom sama seperti pada candu seperti sakit perut, muntah, gatal, serta munculnya ketenangan. Walau begitu, efek yang muncul tidak terlalu besar seperti pada candu.

Walau bisa berdampak kematian, namun tidak ada kematian seketika akibat konsumsi tumbuhan ini. Selain itu terdapat juga laporan mengenai masalah hati pada pengguna kratom.

Apakah Kratom Bikin Kecanduan?

Menurut DEA, kratom memiliki kandungan yang bisa membuat seseorang menjadi kecanduan. Beberapa orang mengalami sakau ketika mereka mulai berhenti menggunakan tanaman ini.

Baca Juga : 5 Titik Paling Membantu Wanita untuk Memperoleh Orgasme 

“Gejala sakau dan munculnya toleransi terhadap tanaman ini cukup umum, walau tak sama, dilaporkan lebih ringan dibanding candu,” jelas penelitian ini. Poker Online

Sekitar 1 dari 10 orang pada penelitian tersebut bisa mengalami gejala sakau setelah menggunakannya dalam jumlah besar lalu berhenti setidaknya satu hari. Kondisi kecanduan ini bisa membuatmu mengalami masalah lebih lanjut dari konsumsi tanaman kratom ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *