BERITA UNIK

Rasa Sakit yang Menyerang Sekujur Tubuh, Waspada Fibromyalgia

PELANGIQQ – Rasa Sakit yang Menyerang Sekujur Tubuh, Fibromyalgia merupakan kondisi kronis yang ditandai dengan nyeri muskuloskeletal (otot dan tulang) sehingga menyebabkan penderita merasa kesakitan di seluruh tubuh.

Menurut National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Diseases (NIAMS), di Amerika Serikat sekitar 5 juta orang dewasa berusia 18 tahun atau lebih mengalami fibromyalgia dan 80 hingga 90 persen penderitanya adalah perempuan.

BACA JUGA : 5 Fakta tentang Sejarah Kejatuhan Zaman Edo di Jepang

1 . Gejala umum yang mudah dirasakan

Rasa Sakit yang Menyerang Sekujur Tubuh, Waspada Fibromyalgia

Secara universal, gejala fibromyalgia adalah nyeri. Penderita menunjukkan tingkat sensitivitas tinggi dalam merespon rangsangan sensorik. Rasa sakit fibromyalgia umumnya menyebar dan melibatkan dua sisi tubuh. Nyeri terkadang memengaruhi daerah dada, bahu, lengan, leher, dan punggung atas. AGEN CAPSA

2 . Diagnosis fibromyalgia

Rasa Sakit yang Menyerang Sekujur Tubuh, Waspada Fibromyalgia

Rasa Sakit yang Menyerang Sekujur Tubuh, Dikarenakan gejala yang timbul pada penderita fibromyalgia memiliki kemiripan dengan gejala penyakit lain, dokter sedikit mengalami kesulitan untuk mendiagnosisnya. Pada akhirnya diagnosis fibromyalgia dibuat atas dasar klinis berdasarkan pemeriksaan fisik yang melibatkan riwayat dokter.

3 . Dugaan terkait penyebab fibromyalgia

Rasa Sakit yang Menyerang Sekujur Tubuh, Waspada Fibromyalgia

Dokter belum mengetahui secara pasti penyebab fibromyalgia. Meskipun demikian, para ahli mencoba melakukan penelitian untuk menguak penyebab fibromyalgia.

BACA JUGA : Hal Sederhana yang Justru Buat Orangtuamu Jadi Tambah Sayang

4 . Pengobatan yang dapat dilakukan

Rasa Sakit yang Menyerang Sekujur Tubuh, Waspada Fibromyalgia

Meskipun belum ditentukan secara spesifik, pengobatan untuk meringankan gejala fibromyalgia dapat dilakukan. Perlu diperhatikan bahwa program pengobatan dan perawatan disesuaikan dengan gejala penderita. POKER ONLINE

5 . Pengobatan alternatif lain untuk fibromyalgia

Dokter dapat membimbing penderita fibromyalgia untuk memadukan pengobatan konvensional dengan perawatan alternatif. Selain itu, akupunktur dipercaya dapat mengobati fibromyalgia karena kemampuannya dalam mentoleransi rasa sakit dan mempengaruhi kimia otak penderita.

Membekali diri dengan pengetahuan memberi keuntungan edukasi untuk mengantisipasi penyakit fibromyalgia sejak dini. Hal terpenting adalah segera hubungi dokter untuk konsultasi dan pemeriksaan jika terdapat indikasi gejala yang mengarah pada penyakit tersebut. Penanganan tepat tentu dapat meminimalisir akibat yang tidak diinginkan sehingga pengobatan sesuai pun bisa diberikan untuk kesembuhan pasien.

Biofeedback juga dikenal sebagai pengobatan alternatif untuk penyakit ini dengan teknik relaksasi pikiran menggunakan elektronik sehingga dapat mengukur respon terkait stres. Penderita dapat menikmati relaksasi lain dengan meditasi. Meditasi memberi ketenangan dan efek bahagia yang konsisten dari gelombang otak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *