BANDAR POKER TIPS & TRICK

Segudang Manfaat Daun Sirih Hijau

Segudang Manfaat Daun Sirih Hijau , Jika mendengar kata daun sirih, pasti yang terlintas dalam pikiran Anda adalah daun yang sering dikunyah oleh orang-orang tua. Lalu, apakah benar bahwa daun sirih hijau dan daun sirih merah bermanfaat untuk kesehatan gigi? Apa lagi manfaat daun sirih lainnya untuk kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui? Cari tahu jawabannya di bawah ini.agencapsa

Apa saja kandungan daun sirih?

Daun sirih tergolong sebagai tanaman yang mengandung banyak air. Sekitar 85-90% daun sirih terdiri dari air. Karena itulah daun sirih juga rendah kalori dan rendah lemak. Per 100 gram daun sirih hanya mengandung 44 kalori dan 0,4-1% lemak.pokeronliene

Selain itu, kandungan daun sirih lainnya adalah:

  • Protein: 3 persen per 100 gram
  • Iodin: 3,4 mcg per 100 gram
  • Sodium: 1,1-4,6% per 100 gram
  • Vitamin A: 1,9-2,9 mg per 100 gram
  • Vitamin B1: 13-70 mcg per 100 gram
  • Vitamin B2: 1,9-30 mcg per 100 gram
  • Asam nikotinat: 0,63-0,89 mg per 100 gram

Menurunkan gula darah pada penderita diabetes tipe 2

Peneliti melaporkan bahwa minum air rebusan daun sirih, atau daun sirih yang dikeringkan kemudian digerus menjadi bubuk, bisa membantu menurunkan kadar gula darah pada orang yang baru terdiagnosis diabetes tipe 2. Daun sirih juga melindungi kesehatan hati.pelangiQQ

Segudang Manfaat Daun Sirih Hijau , Manfaat daun sirih untuk diabetes ini datang dari kandungan antioksidan tingginya yang bisa mengurangi stres oksidatif penyebab kerusakan sel-sel tubuh pemicu ketidakseimbangan hormon insulin. Penelitian yang sama juga melaporkan bahwa daun sirih tidak mempunyai efek samping apapun yang perlu dikhawatirkan.

Meski begitu, ini bukan berarti daun sirih adalah satu-satunya pengobatan diabetes yang harus Anda jalani. Jika Anda telah diresepkan obat diabetes, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum minum rebusan daun sirih untuk memastikan tidak ada risiko efek samping atau interaksi yang bertabrakan dengan kerja obat. Dauh sirih hanya dipakai sebagai pengobatan pendamping obat medis untuk mengendalikan gejalanya, bersama dengan mengubah pola makan dan rajin olahraga.

Menurunkan kolesterol dan tekanan darah

Seperti yang telah disebutkan di atas, daun sirih mengandung tinggi antioksidan. Dalam tubuh, antioksidan eugenol yang bekerja melawan radikal bebas pemicu stres oksidatif penyebab berbagai penyakit kronis. Salah satu manfaat daun sirih yang terkait hal ini adalah menurunkan kadar tigliserida dan kolesterol LDL, lemak jahat dalam tubuh. Daun sirih juga diketahui dapat membantu mengurangi jumlah lemak total dalam darah.

Segudang Manfaat Daun Sirih Hijau , Kolesterol dan trigliserida tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, hipertensi, stroke, penyakit jantung koroner, dan gagal jantung. Sebagai gantinya, daun sirih merah dan daun sirih hijau bekerja meningkatkan kolesterol baik dalam darah yang menjaga kesehatan jantung.

Untuk membantu dengan tekanan darah tinggi, Anda bisa mencoba rebus 3-4 lebar daun sirih merah dan minum air rebusan daun sirih tersebut untuk dua kali sehari.

Penangkal kanker

Segudang Manfaat Daun Sirih Hijau

Antioksidan eugenol yang terkandung dalam rebusan dauh sirih hijau dan merah dapat membantu memerangi radikal bebas pemicu kanker pada penderita diabetes tipe 2.

Mempercepat penyembuhan luka bakar

Manfaat daun sirih lainnya adalah mempercepat penyembuhan luka, terutama luka bakar. Hal ini masih dikaitkan dengan kandungan antioksidannya. Seseorang yang mengalami luka bakar juga mengalami stres oksidatif yang cukup tinggi dalam tubuhnya. Stres oksidatif akan menghambat proses penyembuhan luka.

Daun sirih adalah antiseptik yang luar biasa, yang juga mampu memberikan perlindungan ganda dari infeksi kuman karena tinggi kandungan polifenolnya.

Membantu menurunkan depresi

Beberapa riset menunjukkan bahwa daun sirih bisa membantu mengendalikan gejala depresi pada orang-orang yang memilikinya. Salah satu penelitian melaporkan, mengunyah dauh sirih atau meminum air rebusan daun sirih dapat memicu otak untuk memproduksi hormon bahagia serotonin yang lebih banyak. 

baca juga : Hewan Berusia Spektakuler Di Dunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *