Uncategorized

Sikap Gentleman yang Harus Kamu Lakukan

Sikap Gentleman yang Harus Kamu Lakukan. Menghadiri undangan makan atau mengajak orang lain untuk makan bersama menjadi sebuah kegiatan yang tak jarang harus dilakukan oleh seorang cowok. Nah, saat makan bersama ini, kamu harus tahu beberapa etika yang perlu dilakukan pria lho, Bro.

Apa saja hal-hal yang harus kamu perhatikan saat sedang menghadiri acara jamuan makan? Yuk, simak di bawah ini.

1. Mempersiapkan diri sebelum menghadiri jamuan makan

6 Sikap Gentleman yang Harus Kamu Lakukan di Acara Jamuan Makan

Saat kamu diundang menghadiri jamuan makan, ada baiknya kamu mengetahui dulu tempat seperti apa yang akan kamu datangi. Kamu bisa browsing di internet untuk melihat seperti apa tempatnya. Kamu juga bisa mencari tahu seberapa jauh jaraknya dari tempat tinggal kamu, agar tidak terlambat menuju ke sana. 

Jika kamu sudah mengetahui tempatnya, kamu bisa mempersiapkan diri untuk berangkat pukul berapa. Selain itu, kamu bisa juga memilih pakaian yang pas dengan tempat makannya, agar tidak salah kostum.

Jika kamu diundang oleh seseorang, jangan sungkan untuk membawakannya sebuah kado atau bingkisan. Tujuannya, untuk menghargai orang yang sudah mengundang.

Sedangkan jika kamu yang mengajak orang lain untuk makan di suatu tempat, kabari dia dengan jelas tempat dan waktu yang kamu inginkan.

2. Hal yang harus kamu lakukan saat sampai di acara jamuan makan

6 Sikap Gentleman yang Harus Kamu Lakukan di Acara Jamuan Makan

Saat sudah sampai di sana, tunggu sampai orang yang mengundang mempersilakan kamu untuk duduk di kursi yang sudah disediakan untukmu.

Sedangkan jika kamu yang mengundang, persilakan duduk orang yang kamu undang. Jangan sampai kamu datang terlambat, sehingga membuat orang yang kamu undang menunggu lama.

Jika kamu mengajak dinner  seorang wanita, jangan lupa untuk membantunya mulai dari membukakan pintu restoran hingga menarik kursi sebelum dia duduk. Kamu juga harus mempersilakan dirinya duduk terlebih dahulu sebelum kamu duduk.

Saat sudah bersama orang di acara jamuan makan, ada baiknya kamu untuk mematikan atau menonaktifkan suara dari ponselmu. Selalu mengecek ponsel saat acara makan akan terlihat kurang sopan. Alasannya, fokus kamu jadi teralihkan kepada ponsel, bukan pada orang yang ada di jamuan makan. Nanti akan ada waktunya tersendiri kamu bisa kembali mengecek ponsel kamu, Bro.

3. Tunggu sampai semua orang mendapatkan makanan yang dipesan

6 Sikap Gentleman yang Harus Kamu Lakukan di Acara Jamuan Makan

Jika makanan yang kamu pesan sudah datang, sebaiknya kamu harus menunggu sampai semua orang sudah menerima makanan mereka. Setelah semua orang menerima makanan pesanannya, barulah kamu bisa menyantap makananmu. Jangan lupa mengajak orang-orang yang ada di jamuan makan untuk mulai menyantap makanannya juga.

4. Pahami penggunaan alat-alat makan

6 Sikap Gentleman yang Harus Kamu Lakukan di Acara Jamuan Makan

Makanan di restoran terkadang memiliki penyajian dan cara makan yang khusus. Ada baiknya kamu memahami table manner dasar. Hal ini diperlukan agar kamu tahu bagaimana cara menyantap berbagai makanan yang disediakan, mulai dari appetizer, makanan utama, hingga dessert. Pahami juga cara penggunaan alat-alat makan masing-masing yang cukup banyak jenis dan fungsinya.

Jika sebelum berangkat kamu sudah mengecek restorannya, kamu juga bisa sekaligus mengetahui menu-menu apa yang tersedia. Selain itu, kamu bisa mencari informasi terlebih dahulu bagimana cara meakannya. Sekaligus cara menggunakan peralatan makan untuk menu-menu khusus yang ada di restoran tersebut.

5. Pahami etika saat sedang makan

6 Sikap Gentleman yang Harus Kamu Lakukan di Acara Jamuan Makan

Selain paham tentang bagaimana cara menggunakan peralatan makan, kamu juga harus paham etika saat makan. Sebaiknya saat mengunyah makanan, jangan sampai terdengar suara, karena itu akan mengganggu orang lain yang juga sedang makan.

Jika ada orang yang mengajakmu berbicara saat kamu makan, pastikan kamu tidak sedang mengunyah makanan. Jika sedang mengunyah, telan makanannya terlebih dahulu baru menjawab pertanyaan orang yang mengajakmu berbicara.

Karena pada acara jamuan makan bisa sering terjadi obrolan, lebih baik kamu mengambil makanan di sendok dengan jumlah yang lebih sedikit dari biasanya. Sehingga waktu untuk mengunyah makanan tidak terlalu lama. So, kamu bisa mengobrol tanpa harus terburu-buru menghabiskan makanan yang ada di mulut. 

Selain itu, hindari mengambil langsung makanan yang jaraknya jauh dari tempat duduk kamu. Mintalah tolong kepada orang di dekatmu untuk mengambilkannya. Ini jauh lebih sopan daripada kamu harus berdiri dan menjulurkan tangan ke arah meja yang jauh dari posisi kamu duduk.

6. Bersikap ramah kepada pelayan

6 Sikap Gentleman yang Harus Kamu Lakukan di Acara Jamuan Makan

Bagaimanapun kamu dan orang-orang di jamuan makan tidak akan terlepas dari bantuan para pelayan yang melayani untuk menyediakan makanan. Sehingga sebagai seorang pria sejati, ada baiknya kamu bersikap ramah kepada mereka. 

Kata-kata klasik seperti “tolong” dan “terima kasih” bisa kamu gunakan kepada pelayan untuk menunjukkan sikap ramah kamu pada mereka. 

Jika kamu yang mengadakan acara jamuan makan, jangan ragu untuk memberikan tip kepada pelayan. Alasannya, mereka turut membantu memudahkan acara jamuan makan yang kamu adakan.

PELANGIQQ | QQ | CAPSA | POKER

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *