BERITA UNIK

Strategi Ubah Kebiasaan Anak yang Suka Makan Sambil Aktif Bermain

PelangiQQ Menyuapi anak balita yang susah makan, memang jadi tantangan para orangtua. Kadang, karena khawatir anak tak cukup nutrisi, orangtua membiarkan si kecil makan sambil bermain, sebab konsentrasi anak pada makanan, teralihkan dengan aktif bergerak. Dengan begitu, anak jadi lebih mudah disuapi. Berikut Strategi Ubah Kebiasaan Anak yang Suka Makan Sambil Aktif Bermain

Ajak anak bernegosiasi untuk memberi jatah waktu bermain sebelum makan

6 Strategi Ubah Kebiasaan Anak yang Suka Makan Sambil Aktif Bermain

Strategi Ubah Kebiasaan Anak yang Suka Makan Sambil Aktif Bermain Anak yang diajak makan saat sedang asyik bermain, kemungkinan bakal menolak. Karena takut si kecil telat makan dan sakit, orangtua biasanya akan mengalah dan menyuapi si kecil sambil bermain. Kelihatannya sih efektif, padahal cara seperti itu bisa berdampak kurang baik pada pola makan si kecil. Ia kurang bisa konsentrasi pada makanan, bahkan gak menyadari apakah ia sudah kenyang atau belum.

Nah, orangtua bisa bernegosiasi dengan anak untuk memberinya jatah waktu bermain. Misalnya anak masih betah main mobilan di jam makan, buat kesepakatan kalau dia boleh bermain 3 putaran lagi. Kalau jatahnya sudah habis, anak harus mau diajak duduk di meja makan. Katakan padanya kalau dia baru boleh bermain lagi saat makanannya sudah habis.

Ciptakan momen makan yang menyenangkan di meja makan

6 Strategi Ubah Kebiasaan Anak yang Suka Makan Sambil Aktif Bermain

Pelangiqq Lounge Kenapa anak lebih suka bermain daripada makan? Jawabannya, tentu karena bermain itu menyenangkan. Main gadget, nonton TV atau berlarian di halaman adalah kegiatan yang asyik bagi anak. Untuk itu, suasana makan di meja makan juga perlu dibuat menyenangkan supaya anak betah dan suka.

Beri si kecil kursi yang nyaman dan sesuai dengan tinggi badannya. Variasikan menu makanan yang ia sukai supaya gak bosan. Anak bisa diberi piring dan sendok untuk belajar makan secara mandiri. Tak apa kalau meja jadi berantakan. Selain melatih motoriknya, makan sendiri juga bisa jadi hal yang menyenangkan bagi anak.

Kalau belum bisa makan sendiri, orangtua bisa menyuapi si kecil sambil bercerita atau mendongeng di meja makan. Ayukan sendok makan ibarat helikopter yang akan mendarat di mulut si kecil. Lakukan sekreatif mungkin supaya anak betah duduk lama di meja makan sampai makanannya habis. 

Jelaskan kalau makanan pemberian Tuhan itu harus kita hargai

6 Strategi Ubah Kebiasaan Anak yang Suka Makan Sambil Aktif Bermain

Poker Online Anak yang dibiasakan makan sambil bermain, biasanya kurang bisa menghargai makanan sebab perhatiannya hanya fokus pada mainan. Padahal, anak perlu menatap makanan, mengetahui rasanya, dan tahu kapan ia merasa kenyang. Jelaskan pada si kecil kalau makan adalah aktivitas penting yang harus mendapat perhatian.

Latih anak untuk menghargai makanan dan kegiatan makan itu sendiri. Bangun kebiasaan ini sejak dini. Itulah kenapa bayi yang sudah mengenal makanan padat, sebaiknya duduk di booster seat atau highchair saat makan. Hal ini bisa membentuk pandangan anak untuk menyantap makanan sambil duduk, bukan sambil jalan-jalan.

Latih fokus anak pada makanan dengan menjauhkan barang yang menarik perhatian

6 Strategi Ubah Kebiasaan Anak yang Suka Makan Sambil Aktif Bermain

Agen Capsa Berhasil mengajak anak yang bermain aktif di luar untuk makan di meja makan, ternyata belum cukup. Untuk bisa fokus pada makanan, anak juga harus dijauhkan dari benda yang bisa menarik perhatiannya, misalnya gadget. Mengubah permainan anak yang aktif bergerak dengan memberinya video lewat gadget supaya duduk manis, bukan solusi yang tepat.

Anak yang lebih memperhatikan tontonan daripada makanan, akan sulit menghargai makanan. Ia juga akan lebih mengandalkan ibunya untuk menyuapi daripada belajar makan sendiri. Fokus pada tontonan juga sering bikin anak malah mengemut makanan dan lupa untuk mengunyah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *