BERITA UNIK

TakLagi Kirimkan Spesimen Swab ke Balitbangkes

Tak Lagi Kirimkan Spesimen Swab ke Balitbangkes, GTPP Covid-19 Sumut Andalkan RS USU
TIM medis RS USU saat mengecek alat tes PCR untuk melakukan uji swab terkait Covid-19 beberapa waktu lalu. 

Pelangiqqlounge TakLagi Kirimkan Spesimen Swab ke Balitbangkes Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) covid-19 Provinsi Sumatera Utara saat ini tak lagi mengirimkan sampel spesimen Swab tenggorok ke Balitbangkes Kemenkes RI untuk dilakukan pemeriksaan Polymerase chain reaction (PCR).PELANGIQQ

TakLagi Kirimkan Spesimen Swab ke Balitbangkes Juru Bicara GTPP Covid-19 Provinsi Sumatera Utara, Mayor Kes dr Whiko Irwan mengatakan pihaknya sudah sepenuhnya mengandalkan laboratorium PCR RS USU dalam melakukan pengujian, pemeriksaan dan analisis sampel swab pasien terduga positif Covid-19.PELANGIQQ

“Sudah tidak lagi (kirim spesimen ke Balitbangkes),” ujarnya,

Sebelumnya GTPP Covid-19 Sumut memang sempat mengirimkan sampel swab ke dua tempat yakni RS USU dan Balitbangkes untuk diperiksa.

Tapi Dr Whiko menjelaskan dengan tidak lagi perlu mengirim sampel spesimen Swab jauh-jauh ke Balitbangkes di Jakarta, hingga saat ini cukup menghemat waktu.

“Sejak pemeriksaan lancar, Spesimen yang diperiksa sama banyaknya dengan sekarang. Tapi hasil positif lebih banyak sekarang,” tambahnya.

Lebih lanjut dr Whiko menambahkan hingga saat ini jumlah spesimen yang dikirimkan untuk diuji bervariasi.

Namun dia mengatakan jika peralatan untuk melakukan uji PCR tersedia, maka RS USU mampu memeriksa banyak sampel spesimen.

“Jumlah per hari pemeriksaan dengan PCR bervariasi. 3 hari yang lalu ada periksa hingga 188 spesimen,” pungkasnya.

Untuk diketahui, berdasarkan peta sebaran kasus positif Corona di Sumatera Utara yang dikeluarkan GTPP Covid 19 Sumut, hingga Sabtu (6/6/2020), tercatat ada 6 dari 33 kabupaten/kota di Sumut yang saat ini berstatus zona merah.

Saat ini selain enam wilayah berstatus zona merah, 13 kabupaten dan kota di Sumut kini masuk kategori zona kuning.

Sedangkan 14 kabupaten dan kota lainnya berstatus zona hijau di mana belum terdapat kasus positif Covid-19.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *