Uncategorized

Tips agar Rambut Tumbuh Subur dan Indah

Tips agar Rambut Tumbuh Subur dan Indah. Rambut adalah mahkota bagi perempuan. Itulah mengapa sudah sewajarnya perempuan merawat rambutnya agar lebat, sehat dan berkilau. Namun, seringkali mahkota yang dibangga-banggakan itu mengalami masalah seperti rontok dan kusam. Tentu saja rambut rontok dan kusam adalah ciri-ciri rambut yang tidak subur.

Tapi kamu gak perlu terlalu khawatir, karena ada banyak cara untuk menjaga mahkotamu tetap subur dan indah. Nah apa saja sih tips ampuh untuk menjaga kesuburan dan keindahan rambut? Simak penjelasannya berikut ini!

1. Konsumsi makanan bergizi tinggi

7 Tips agar Rambut Tumbuh Subur dan Indah, Yuk Diterapkan!

Makanan mempunyai peranan penting untuk membuat rambutmu tumbuh subur. Kamu harus mengonsumsi makanan bergizi karena rambut memerlukan nutrisi untuk tumbuh lebat dan subur. Kulit kepala, folikel rambut dan batang rambut 90% terbuat dari protein, karenanya makanan yang mengandung protein tinggi sangat bermanfaat bagi pertumbuhan rambutmu lho.

Makanan yang dikonsumsi sebaiknya mengandung protein minimal 100 gram setiap harinya. Kamu dapat memperoleh asupan protein dari susu, mentega, yogurt, kedelai dan produk turunannya seperti telur, keju, daging, ikan dan makanan lainnya yang memiliki protein tinggi. Makanan bervitamin juga diperlukan bagi pertumbuhan rambutmu. Pasalnya jika kamu kekurangan vitamin A, B, B6, B12, folic acid, biotin, zat besi, copper dan iodine maka akan rambutmu pun akan mudah rontok dan beruban.

2. Pastikan kamu sudah berhenti merokok

7 Tips agar Rambut Tumbuh Subur dan Indah, Yuk Diterapkan!

Kebiasaan merokok sangat berpengaruh pada kesehatan rambutmu. Hal ini lantaran zat-zat racun dalam rokok dapat membuat rambutmu kering dan kusam bahkan menyebabkan pertumbuhan rambut terhambat. Nah gimana? Masih sayang sama rambutmu ‘kan? Itulah mengapa sebaiknya kamu berhenti merokok. Selain itu, pastikan kamu juga menghindar atau menjauhi asap rokok demi menjaga kesehatan rambutmu.

3. Hindari paparan sinar matahari secara langsung

7 Tips agar Rambut Tumbuh Subur dan Indah, Yuk Diterapkan!

Sinar ultraviolet langsung sangat tidak baik untuk rambut karena dapat membuat rambut tampak kusam dan kering. Karena itu, gunakan pelindung bagi rambutmu ketika akan beraktivitas di luar ruangan seperti memakai payung atau topi. Setidaknya cara sederhana ini akan melindungi rambutmu dari paparan sinar matahari secara langsung. Dengan begitu rambutmu akan tetap terjaga kelembapan dan terhindar dari kusam atau bahkan bau matahari.

4. Kelola stres dengan baik

7 Tips agar Rambut Tumbuh Subur dan Indah, Yuk Diterapkan!

Stres dapat membuat rambutmu rontok. Bahkan, riset menunjukkan bahwa stres yang menyebabkan rambut rontok dan kebotakan mencapai 5 persen lho. Pada tahap ringan, stres mungkin hanya akan menyebabkan kerontokan rambut. Namun ketika stres sudah tahap akut, maka kebotakan bisa jadi ancaman.

Nah itulah mengapa sangat penting bagi kamu untuk bisa mengelola stresmu sendiri. Merasakan stres itu sah-sah saja, asalkan kamu tahu bagaimana cara untuk mengatasinya. Tidur yang cukup merupakan salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah stres. Selain itu, olahraga juga merupakan cara tepat untuk melepaskan stres dan tekanan yang membahayakan kondisi rambutmu.

5. Lakukan perawatan mandiri secara rutin

7 Tips agar Rambut Tumbuh Subur dan Indah, Yuk Diterapkan!

Banyak macam perawatan rambut yang sebenarnya dapat kamu lakukan sendiri di rumah. Di antaranya adalah memakai masker dan vitamin rambut. Pemakaian masker dan vitamin rambut yang teratur akan menutrisi rambutmu sehingga rambut akan tumbuh subur.

Banyak bahan-bahan yang bisa kamu gunakan untuk membuat masker alami, di antaranya yang banyak dipilih untuk membuat rambut tumbuh subur adalah lidah buaya dan seledri. Kamu dapat membuat masker seledri dengan menghaluskan 7 – 10 tangkai seledri dan dioleskan secara merata di rambut. Lakukan pemijatan dan diamkan beberapa saat sebelum dibilas. Sementara untuk lidah buaya, kamu cukup mengeluarkan dagingnya untuk dijadikan masker dan pastinya akan ampuh menyuburkan rambutmu.

6. Lakukan pijatan pada kulit kepala

7 Tips agar Rambut Tumbuh Subur dan Indah, Yuk Diterapkan!

Pijatan lembut pada kulit kepala dapat mengaktifkan kelenjar minyak dan melancarkan peredaran darah di kepala sehingga rambut menjadi lebih sehat. Lakukan pijatan-pijatan lembut tersebut tiap kali kamu keramas dan ketika memakai hair tonic sebelum tidur. Dengan cara sederhana ini dijamin rambut akan lebih sehat dan tumbuh subur. 

7. Hindari pemakaian pewarna, hairdryer atau catok yang berlebihan

7 Tips agar Rambut Tumbuh Subur dan Indah, Yuk Diterapkan!

Bahan kimia yang berlebihan akan merusak keseimbangan ph pada rambut dan kulit kepalamu. Panas dari hairdryer dan catok pun dapat membuat rambut kamu kering atau pecah-pecah jika dipakai secara berlebihan. Karena itu, bijaksanalah dalam memakai pewarna rambut, hairdryer dan catok agar rambutmu dapat tumbuh dengan subur dan indah. Sesekali styling rambut sah-sah saja kok, tapi jangan terlalu sering dan pastikan kamu mengimbanginya dengan perawatan secara rutin.

PELANGIQQ QQ CAPSA POKER

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *